Mengenal Timbangan Mobil Beserta Komponen-komponennya

Mendengar istilahnya saja, tentu kita sudah mengetahui fungsi utama dari timbangan mobil. Yup benar sekali, timbangan mobil atau lebih di kenal sebagai jembatan timbang merupakan sebuah alat untuk menimbang barang khususnya mobil yang bisa dipasang  secara  tetap disuatu tempat tertentu atau juga bisa dipindahkan kemanapun (portable) yang biasa digunakan untuk mengetahui berat keseluruhan mobil beserta muatannya.

Penggunaan timbangan mobil ini di maksudkan untuk mengecek seberapa berat mobil dan juga muatan yang diangkutnya, di mana hal ini sangat berguna untuk pengawasan jalan maupun untuk mengukur muatan pada suatu industry, pertanian, pelabuhan dan semacamnya. Meskipun sebagian orang menyebutnya sebagai timbangan mobil, namun istilah yang paling tepat dan benar adalah jembatan timbang.

Komponen Jembatan Timbang atau Timbangan Mobil

Nah, berbicara mengenai jembatan timbang, pada kesempatan yang bahagia ini admin akan memberikan informasi yang sangat bermanfaat bagi anda semua, yaitu sebuah informasi tentang komponen-komponen yang ada dalam sebuah jembatan timbang yang biasa digunakan oleh orang-orang. berikut komponen lengkapnya :

  1. Pondasi

Secara umum jembantan timbang memiliki kerangka pondasi yang terdiri dari cor beton besi bertulang, tiang pancang dan stross. Pondasi ini haruslah kokoh karena akan menjadi tempat untuk berdirinya loadcell yang nantinya digunakan untuk menopang platform dari jembatan timbang itu sendiri.

Pondasi ini menjadi komponen utama yang wajib diperhatikan secara teliti, karena pengaruhnya sangat besar terhadap linieritas penunjukan berat pada timbangan. Dan komponen inilah yang sangat sulit di lakukan perawatan atau perbaikan (maintenant) ketika terjadi sebuah kesalahan pembuatan pondasi.

Yang biasa ada dipasaran, timbangan mobil memiliki 2 model pondasi. Di mana penggunaannya tentu saja harus disesuaikan kebutuhan, kedua model tersebut antara lain :

  • Model rata tanah
  • Model atas tanah
  1. Platform

Untuk bagian kontruksi platform sendiri, biasaya timbangan mobil menggunakan platform berupa rangkaian besi UWF. Sedangkan untuk ukuran dan model platformnya sendiri dapat di sesuaikan dengan kondisi tempat dan juga yang diharapkan penggunanya. Selain dari rangkaian besi UWF, platform juga bisa dari konkrit dan juga semi konkrit.

  1. Instrument Elektronik

Dalam sebuah jembatan timbang atau timbangan mobil, terdapat sebuah komponen yang berbentuk elektronik dan komponen tersebut terdiri dari :

  • Indikator

Untuk indikatornya sendiri biasanya ada begitu banyak merk yang bisa dipakai dan yang paling umum adalah merk Mettler, Excellent, And, Sonic, Gsc, dan Cas. Indicator ini merupakan sebuah alat yang terpasang di salah satu bagian jembatan timbang di mana fungsina untuk membaca dan mengetahui berat dari barang atau mobil yang ditimbang, indicator ini akan terhubung dengan sensor atau loadcell.

  • Load Cell

Seperti yang telah admin sebutkan pada bagian indicator, bahwa loadcell merupakan pengubung indicator, yang itu artinya loadcell merupakan sensor tekan yang memiliki fungsi untuk mengirim sinyal output ke indicator. Banyak sekali merk loadcell yang di jual dipasaran, seperti Kely, Kubota, Zemic, MKcell, UScell dan lain-lain.

  • Junction Box

Satu lagi komponen yang termasuk dalam instrument elektronik yaitu junction box, komponen ini memiliki fungsi utama untuk meratakan output loadcell ke indicator.

  1. Optional Instrument

Selain ketiga komponen utama di atas, timbangan mobil memiliki komponen tambahan atau biasa disebut sebagai optional instrument. Komponen ini berupa :

  • Softaware weighing management system
  • Komputer & printer
  • External display
  • Cctv / kamera

Itu dia sedikit informasi tentang timbangan mobil dan juga komponen penyusunnya, semoga informasi tersebut bermanfaat!